Tahap Proses Pencetakan Offset Printing

Pernah mendengar pelanggan mengeluhkan proses cetak yang lama dari sebuah perusahaan jasa offset printing Jakarta ? Tentu sering dong, bahkan bukan hanya pelayanan dari percetakan offset saja, namun banyak pelayanan lain yang membuat pelanggan kesal dan akhirnya mendumel bahkan protes bahkan malah memilih percetakan lain yang bisa lebih cepat proses kerjanya. Sudah menjadi hal yang lumrah, karena si pelanggan tersebut menginginkan layanan yang berkualitas dan juga cepat mengingat mereka sudah mengeluarkan biaya. Semua layanan offset printing, termasuk jasa cetak spanduk murah dan produk lainnya sendiri memiliki tahanan proses cetak yang harus dilalui setelah mendapatkan order dari pelanggan. Tahapan proses cetak offset printing sendiri terdiri dari pra-cetak, cetak, dan finishing sehingga semua proses tersebut membutuhkan waktu demi kualitas dan hasil cetakan terbaik. Nah, berikut ini penjelasan mengenai tahapan proses cetak offset printing

Tahapan Pra-Cetak

Dalam tahapan ini dimulai dengan menyiapkan desain cetakan menggunakan perangkat komputer . Jasa cetak offset printing terlebih dahulu akan setting format ukuran cetakan dengan mengukur kertas terlebih dahulu. Selanjutnya buat garis potong yang disesuaikan dengan ukuran. Setelah semua media selesai dipersiapkan, selanjutnya setting atau mengatur warna yang akan digunakan (1, 2, atau 4 warna). Biasanya pihak jasa offset printing akan membuatkan contoh terlebih dulu untuk memperlihatkan ke pelanggan bahwa akan seperti ini hasil cetakan nantinya.

Jasa offset printing Jakarta

Tahapan pra cetak ini juga, pihak percetakan offset akan juga menghitung kebutuhan kertas plus dengan jenis cetakan yang diinginkan, seperti menggunakan jenis kertas HVS, Art Paper, Doorslag, dan lainnya. Untuk hasil desain yang telah diatur, kemudian akan direkam pada sebuah plat baik kertas ataupun alumunium. Nanti plat inilah yang akan dipasangkan pada mesin cetak. Kini sudah banyak offset printing, khususnya untuk offset printing Jakarta yang sudah menggunakan mesin CTP (Computer to Plate) sehingga dapat menghemat waktu cetak.

Tahapan Cetak

Dalam tahapan ini, petugas cetak akan mempersiapkan semua kebutuhan dari mesin cetak. Mulai dari memasang plat cetak yang sudah jadi, sekaligus juga bahan kertas dan tinta yang akan digunakan selama proses cetak hingga selesai.

Tahapan Finishing

Namanya tahapan finishing, pasti ini lebih kepada proses akhir dan pemberian sentuhan terakhir yang menyesuaikan kemauan pelanggan. Mulai melaminasi hasil cetakan dengan bahan glossy, doff, spot UV atau finishing seperti foil (menambahkan kertas tulisan atau gambar yang mengkilap), embossed (menambahkan kertas tulisan atau gambar yang teksturnya timbul atau tenggelam), laminasi (glossy, doff, window, dll), pons (bentuk cetakan harus disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan, kondisi ini biasanya digunakan untuk membikin kotak makanan, kotak obat, dus, dll), dll. Itu dia beberapa tahapan proses cetak offset, dan ini berlaku untuk semua jenis produk percetakan offset sehingga para konsumen mengetahui dan estimasi waktu proses cetaknya dan tidak perlu lagi mengeluh tentang lamanya proses cetak. Semoga bisa bermanfaat untuk menambah informasi kita semua.

Share to Friend